Picture
Tiga hari lamanya terhitung tanggal 11-13 Nopember 2011 INISNU Jepara mendelegasikan tenaga administrasinya untuk berpartisipasi dalam Workshop Pengelolaan Data Base bagi Tenaga Kependidikan yang diselenggarakan oleh Kordinatorat Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (KOPERTAIS) wilayah X Jawa Tengah baru-baru ini.

Workshop yang diselenggarakan di Hotel Ungaran Cantik Semarang tersebut diikuti sekitar 34 PTAIS di Wilayah Jawa Tengah dan dibuka langsung oleh Bapak Prof. Dr. Muhibbin, M.Ag. selaku Ketua KOPERTAIS. Dalam sambutannya, beliau menyebutkan bahwa begitu pentingnya persoalan database dalam pengelolaan sebuah Perguruan Tinggi. Tingkat kredibilitas Perguruan Tinggi salah satunya adalah tersedianya data yang valid mengenai informasi riil keberadaan lembaga PT tersebut, olehnya diperlukan managerial informasi dan data base yang memadai.

Dalam sela-sela sambutannya, Akhmad Arif Junaidi, M.Ag selaku ketua panitia workshop menyebutkan bahwa pelatihan pengelolaan database tersebut merupakan rangkaian awal dari enam (6) workshop yang akan diselenggarakan oleh KOPERTAIS di akhir tahun 2011 ini, masih ada 5 worksop diantaranya pengelolan jurnal kampus, penyusunan proposal networking, penguatan bahasa asing bagi dosen, dan pelatihan penelitian sosial keagamaan imbuhnya.

Konsentrasi yang difokuskan dalam workshop pengelolaan data base PTAIS tahun 2011 ini adalah pemaksimalan terhadap pengisian data EMIS (Education Management Information System) yang nantinya data tersebut akan terinput secara online di situs perencanaan dan bagian informasi Kemenag RI, Diktis, Pendis dan juga share data di BPS Pusat.  Dalam pelatihan tersebut masing-masing delegasi PTAIS diwajibkan login dan input data kerangka pelaporan tahunan kelembagaan terhadap Dirjen Pendidikan Islam.

Semoga melalui berbagai workshop dan pelatihan tertentu Institut Islam Nahdlatul Ulama' (INISNU) Jepara makin hari makin berkualitas dan mampu berkompetisi di Era Global seperti sekarang ini.



 


Comments




Leave a Reply