Picture
Institut Islam Nahdlatul Ulama' (INISNU) yang merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi Islam di Jepara memilki tekad mulia yaitu membebaskan masyarakat Jepara dari buta baca tulis Al-Qur'an. Usaha ini ditempuh melalui serangkaian program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Tematik Baca Tulis Al-Qur'an (BTA).

KKN serupa juga sudah dilaksanakan oleh INISNU pada tahun 2010 yang memfokuskan daerah Utara Wilayah Jepara. Untuk tahun 2011 ini, target wilayah objek Pemberantasan Buta Baca Tulis Al-Qur'an berada pada tiga (3) Kecamatan, yaitu Kecamatan Mlonggo, Batealit dan Nalumsari. Dari ketiga Kecamatan tersebut terdata sebanyak 33 Desa yang menjadi objek pelaksanaan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik BTA tahun 2011 ini.

Kecamatan Mlonggo meliputi Desa Sekuro, Jambu Timur, Jambu barat, Sinanggul, karanggondang, Srobyong, Suwawal dan Mororejo. Jumlah mahasiswa yang diterjunkan di Kecamatan ini berjumlah 100 mahasiswa. Wilayah berikutnya yaitu Kecamatan Batealit yang meliputi Desa Ngasem, Bawu, Bantrung, Bringin, Geneng, Raguklampitan, batealit, Somosari, Mindahan Kidul dan Mindahan Lor, jumlah mahasiswa KKN di Kecamatan Batealit sejumlah 130 mahasiswa. Jumlah terbesar berada di Kecamatan Nalumsari yaitu sebanyak 192 mahasiswa yang tersebar di Desa Bategede, Ngetuk, Blimbingrejo, Tangulpandean, Gemiring Kidul, Gemiring Lor, Jatisari, Karangnongko, Daren, Nalumsari, Tritis, Pringtulis, Dorang, Muryolobo, dan Bendanpete.

Dari sejumlah total peseta KKN Tematik BTA INISNU Jepara 422 mahasiswa tersebut, telah dibekali berbagai materi khusus dan materi penunjang selama tiga (3) hari yang terjadwal mulai tanggal 25-27 Oktober 2011 di Kampus INISNU Jepara. sesuai dengan tema sentral KKN tahun ini yaitu "Penguatan Keterampilan Baca Tulis Al-Qur'an (BTA) Melalui Metode Al-Masyhuroh pada Masyarakat Jepara", olehnya segenap Peserta KKN dibekali trik dan strategi pembelajaran Al-Qur'an melalui metode Al-Masyhuroh yang diampu oleh Ustad Ali Ma'shum.

Hingga akhirnya, tepat tanggal 3 Nopember 2011 kemarin, seluruh Peserta KKN Tematik BTA dilepas secara sah oleh Bapak DR. KH. MA. Sahal Mahfudh selaku Rektor dan diterima secara apresiatif oleh Bupati Jepara Drs. Hendro Martojo,MM. Dalam pidatonya, DR. KH. MA. Sahal Mahfudh berpesan terhadap seluruh mahasiswa peserta KKn untuk ikhlas mengamalkan amanat Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam hal pengabdian masyarakat yang fokus pada pemberantasan buta aksara Al-Qur'an, selain itu Mahasiswa diharapkan menjadi pioner dan pembawa input positif di masyarakat sehingga ilmu yang ditularkan bisa tepat guna dan multi fungsi. Peseta KKN juga diwajibkan menjga nama baik almamater INISNU Jepara selama proses KKN berlangsung sebagaimana wasiat dari Beliau Rektor INISNU.

Program penting sebagai penunjang KKN Tenatik BTA ini juga mengikutsertakan masyarakat dalam hal peningkatan kualitas dan kemampuan tertentu melalui serangkaian life skill yang sesuai dengan karakteristik Desa yang ditempati. Alhasil, harapan bersama dan cita-cita INISNU untuk memberantas Baca Tulis Al-Qur'an dan pemberian program khusus untuk peningkatan life skill tercapai dengan maksimal.

 


Comments




Leave a Reply