Picture
Pengabdian kepada masyarakat merupakan bagian integral dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.  Dharma Pengabdian pada masyarakat dilaksanakan kerangka penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dikembangkan di Perguruan Tinggi, khususnya INISNU Jepara. Pengabdian kepada masyarakat merupakan serangkaian aktivitas dalam rangka kontribusi perguruan tinggi terhadap masyarakat yang bersifat kongkrit dan langsung dirasakan manfaatnya dalam waktu yang relatif pendek. Aktifitas ini dilaksanakan terhadap masyarakat yang bersifat non profit (tidak bernuansa keuntungan). Dari aktivitas ini diharapkan adanya umpan balik dari masyarakat ke Perguruan Tinggi, yang selanjutnya dapat digunakan sebagai bahan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi lebih lanjut.

Selain itu, kegiatan pengabdian kepada masyarakat merupakan keniscayaan bagi sebuah Perguruan Tinggi. Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat merupakan wujud kepedulian perguruan tinggi sebagai lembaga yang menghasilkan elit intelektual untuk senantiasa berpartisipasi dalam pengembangan kualitas sumber daya manusia (SDM) dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dan memecahkan problem sosial yang dihadapi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan sosial.

Di INISNU Jepara, terdapat lembaga khusus yang membidangi kegitaan Pengabdian kepada Masyarakat. Lembaga tersebut adalah Balai Pengabdian kepada Masyarakat (BPM) INISNU Jepara. BPM merupakan unsur pelaksana sebagian tugas dan fungsi institut di bidang pengabdian kepada masyarakat yang berada di bawah kendali Rektor. Ketentuan ini menunjukkan bahwa BPM INISNU memiliki tanggungjawab untuk melaksanakan salah satu unsur Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu bidang pengabdian kepada masyarakat. Posisi ini menempatkan BPM sebagai juru bicara institut ketika berhadapan dengan masyarakat secara umum dan sekaligus menjadi ujung tombak dalam merumuskan dan melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat.

Dalam melaksanakan tugasnya, BPM INISNU Jepara membuka jaringan kerja sama (net work) dengan lembaga-lembaga lain, baik pemerintah daerah, perguruan tinggi, maupun swasta yang memiliki keterkaitan dengan program kemasyarakatan yang dicanangkan BPM. Itu semua hakikatnya adalah upaya memberdayakan masyarakat menjadi masyarakat madani sebagaimana cita-cita bersama. Kerja sama ini dilakukan dalam rangka merumuskan dan mengimplementasikan program kemasayarakatan yang komprehensif dan berkesinambungan (sustainable).

Bentuk riil kontribusi yang dilakukan oleh BPM INISNU Jepara selama ini adalah dengan penyelenggaraan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN), dalam kaitannya ini konsentrasi BPM INISNU adalah bagaimana Jepara ini terbebas dalam buta baca tulis Al-Qur'an (BTA). Semoga niat baik dan cita-cita kelembagaan INISNU dapat terwujud dengan maksimal berkat dukungan dan sumbangsih dari element masyarakat Jepara. Amin.

 


Comments




Leave a Reply